Mar 31, 2018

Welcome, April

Tak terasa sudah berada di bulan keempat pada tahun 2018, sungguh waktu berjalan begitu cepat dan tak disadari. Hari berganti hari, umur kian bertambah, banyak tanggung jawab yang harus diemban, baik pada manusia maupun pada Yang Maha Kuasa. Aktivitas saban hari pun bervariasi, ada suka maupun duka, namun tak ada hari yang terlewati tanpa was-was memikirkan hari yang akan makin dekat dengan Ramadhan, bukannya tak senang dengan Ramadhan, siapa pula yang tak senang dengan bulan penuh MaghfirahNya, berkah dan kebahagiaan tercurah disana, sebulan penuh dimana tiap harinya mustajabah do'a. Ya, berdo'a hanya kepadaNya, Allah Yang Maha Rahman, Maha Rahiim.

Was-was itu muncul tak lain dan tak bukan adalah karena belum tercapainya target, susah mengatur waktu, tak pandai mengelola pikiran agar kuat untuk terus bangkit tiap kali jatuh, dan hal lain yang membuat seakan ada sesuatu yang menghujam jantung dan tampak berat untuk menghela nafas.

Kau punya Rabb-Mu, bukankah kau memilikinya? yang sangat dekat padamu? Maka janganlah berhenti untuk terus mendekati Rabb-mu. Di waktu 1/3 malammu, di ruku' 4 rakaat di awal pagi, di tilawahmu, ditiap rakaat sunah taubat dan hajat sebelum tidurmu, bershalawat kepada Rasul tercintamu disetiap waktu, dan masih banyak lagi. Kau pun punya dzikir pagi dan petang yang dinukilkan oleh Rasulullah, kenapa harus risau?

Tutuplah mata dan telingamu dari hiruk pikuknya dunia, yang menjadikanmu seakan bukan dirimu. Tinggalkanlah basa basi busuk yang hanya menambah dosamu, yang jika untuk menambah bahan pembicaraan adalah dengan membicarakan orang lain. Sungguh itu bukan dirimu. Jika terus ditanyakan kepadamu, jawab saja aku tidak tahu.

Di teras hotel La Villa, Taksim, Istanbul
Di teras hotel La Villa, Taksim, Istanbul

Tak perlu jelaskan pada mereka bahwa kau tidaklah sombong dan angkuh seperti yang mereka kira, hanya karena tak ada waktu untuk membalas obrolan-obrolan manja mereka (?) Bukankah sahabat Rasulmu Ali bin Abi Thalib RA mengatakan, bahwa tak perlu kau jelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tak butuh itu, dan yang tak menyukaimu tak akan percaya itu. Sudahlah, cukuplah rabbMu sebagai sebaik-baiknya penolong, Yang Maha Tahu baik buruknya dirimu, yang akan selalu ada mendengar keluhanmu tentang dunia yang fana ini.

Tentang mengelola waktu, kurang-kurangilah mengobrol di media sosial. Tak perlu selalu bertanya kabar, cukup mendoakannya dalam hati, Insya Allah mereka akan baik saja dalam lindungan Allah. Ingat baik-baik perkataan Rasulmu, berkata yang baik atau diam. Sungguh diam lebih baik ketimbang memulai pembicaraan yang nantinya hanya akan membakar hatimu, pertanyaan kapan begini, kapan begitu, kapan punya ini, kapan punya itu, misalnya?

Semua makhluk di dunia ini sudah digariskan bagaimana jalan hidupnya oleh Allah, kita sebagai manusia yang tak ada daya upaya tanpa kuasa Allah, harus terus menerus berdo'a dan berikhtiar. Agar diberikan kekuatan dalam menjalani hidup di dunia ini, agar diberikan kesempatan untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin tanpa ada waktu yang terbuang percuma.

Maafkanlah yang pernah menyakitimu, meskipun ia tak lagi ingin kenal denganmu, maafkanlah. Tahukah kamu ada pintu surga teruntuk orang yang ikhlas memaafkan saudaranya yang telah menyakitinya? Berlapang dadalah, jaga hatimu jangan kotor dengan tinta hitam setitik pun, tinta hitam perusak amal baikmu, tinta hitam yang menjauhkanmu dari rabbMu.

Bulan April ini, fokuslah dengan target-target hidupmu, target dunia akhiratmu. Jangan putuskan bulir-bulir do'a kepada Rabbmu, itulah kekuatanmu. Kekuatan yang takkan kau temukan dimanapun, sungguh yang Menciptakanmu sangat sayang kepadamu, tanamkanlah itu selalu didalam hati, bahwa Dia takkan meninggalkanmu. 


Part of Caturekamandala PK 41-LPDP.

Aceh Besar, Indonesia. A Future Educator, Insya Allah

2 comments

Nice writing kk, keep spirit,smga tercapai smua target2 nya,dilancarkan smua urusan oleh Allah swt 😃

Aamiin yaa rabbal 'alamiin. Terima kasih dek. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah ☺

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon