Oct 3, 2018

Alternatif Jajan Murah Saat di Mall

Sudah bulan Oktober, bulan dimana banyak tugas kuliah menumpuk, terus menyerang tak henti-henti, sampai bingung mau kerjain tugas yang mana dulu karena semuanya penting dan deadline! Jangan pusing-pusing yaa gaes, tetap tenangkan diri. Shalat harus tepat waktu dan tidak lupa one day one juz biar adem hati, jadi enak ngerjainnya.

Kalau pikiran sudah mumet harusnya gimana ya biar enggak gila? Tenang, solusinya adalah tetap shalat TBM. TBM merupakan singkatan yang diberikan oleh Aa Gym, yaitu shalat Tepat Waktu Berjamaah di Mesjid. Kalau sudah TBM jangan lupa odoj (one day one juz). Iya, semua itu sudah, lalu apa? Datang dan dengarin kajian, kalau tidak memungkinkan datang langsung, bisa nonton streaming di Youtube, Ustadz jaman now sudah memanfaatkan teknologi dong ya, bisa subscribe channel officialnya Aa Gym (K.H Abdullah Gymnastiar), Ustadz Adi Hidayat di channel Akhyar tv, Ustadz Khalid Basalamah di channel Khalid Basalamah, Ustadz Buya Yahya di channel Al-Bahjah tv, Ustadz Abdul Somad di channel Tafaqquh video, dan masih banyak lagi.

Kalau sudah TBM, odoj, subscribe channel para Ustadz dan dengar kajian secara langsung maupun streaming, tapi masih susah dapat inspirasi juga saat kerjain tugas, harus bagaimana? Oh, kalau itu mungkin memang butuh sedikit refreshing, coba jalan-jalan ke objek wisata. Tapi aku kan anak kosan, aku lebih suka mengalokasikan uang bulanan aku ke makanan, dengan makan enak dan cukup aku bisa bahagia. Nah, kalau sudah begitu kamu bisa deh cuci-cuci mata ke mall, kali aja ada barang diskon yang memang sedang kamu butuhkan, atau temani teman yang ingin berbelanja kebutuhannya, kalau ini harus kuat iman ya gaes, jangan terpancing ikut belanja haha (jadi ingat salah satu member CaUmTa yang selalu berakhir dengan ikutan berbelanja padahal awalnya cuma mau temani).

Kalau urusan perut bermasalah, lalu nanti tiba-tiba lapar saat jalan di mall, bagaimana? Ya tinggal makan aja kali di mall kan banyak food court, gitu aja repot. Gini loh, ini lagi bahas kehidupan anak kosan yang pengen jalan dan jajan tapi harus irit, ada solusinya enggak? Hoho sorry, maafkeun eneng, ada nih, cekidot!

1. Sebelum berangkat makan dulu
Makan dulu secukupnya di warteg atau warung padang dekat kosan, atau kalau kamu memang tim yang masak nasi di kosan lalu beli lauk di warteg atau warung padang, silahkan dilanjutkan. Jangan lupa pilih menu yang ada sayurannya, biar sehat dan gizinya tercukupi gaes.

2. Jajan di mini market dekat kosan
Beli roti, biskuit, susu UHT, jus, dan lain-lain, apa aja yang jadi kesukaanmu, yang banyak diskonnya maupun enggak ada diskonnya. Pintar-pintar kamu aja buat memilih cemilan yang tahan lama dan mengenyangkan. Lalu kamu bisa makan di tempat duduk yang disediakan untuk umum di dalam mall. Kalau memang dilarang makan, kamu bisa ke luar mall duduk di tempat yang disediakan.

3. Bawa bekal dari kosan
Kalau kamu anak kosan yang di kosannya lengkap sama dapur, bisa banget nih masak dulu cemilan buat di jalan kalau kena macet lalu lapar, atau cemilan buat di makan saat lapar di mall. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin no 2, ada mall yang melarang untuk memakan minuman atau makanan yang dibawa dari luar, kamu bisa makan di luar mall yang biasanya ada disediakan tempat duduk.

4. Makan di warteg atau warung sekitaran mall
Biasanya di sekitaran mall pasti ada warung yang jualan, kamu bisa nih keluar dari mall sebentar buat ngisi perut disana. Tapi jangan lupa, tetap perhatikan kebersihan dan menu yang dijajakan halalan thayyiban ya gaes.

5. Makan di minimarket mall
Biasanya di beberapa mall terdapat minimarket yang menyediakan tempat duduk untuk makan dan minum, serta tersedia juga  air panas. Seperti kemarin saat saya, suami, dan adik tingkat kami Hafiz pulang dari berburu buku di Palasari, kami memutuskan untuk mencari sepatu di Grand Yogya Kepatihan. Tapi baru turun dari grab saya sudah pusing dan lapar, padahal sudah makan nasi kuning dan minum jus beli di warung dekat kosan. Lalu ngelihat isi dompet, Subhanallah. Biaya buat grab waktu berangkat aja nyaris 100 ribu, belum lagi biaya waktu pulang, maka ada biaya yang harus ditekan yaitu biaya makan.

Tepat di pintu masuk saya melihat ada minimarket yang menyediakan kursi dan meja yang terlihat kece buat makan. Waktu member CaUmTa belum pada balik ke kampung sudah sering ngajak kesitu tapi jawabannya adalah, kita sudah makan tadi kak. Akhirnya, langsung saja ngajak suami dan Hafiz buat masuk kesitu. Saya memilih mie instan cup yang hanya saya makan saat darurat saja seperti sekarang. Enggak sehat sebenarnya sering-sering makan mie instan, tapi kan saya hanya sesekali hehe, kemarin merupakan waktu yang tepat buat makan mie instan cup.

Ini Jajanan di Minimarketnya
Ini Jajanan di Minimarketnya

Jajanan diatas hanya mengeluarkan uang sebesar 34.500,-, masih banyak jajanan sehat di minimarket tersebut, saya tidak menyarankan untuk membeli mie instan cup, kemarin kami hanya lagi ingin makan saja, hehe. Masih banyak pilihan lain, ada sereal yang bisa dimakan dengan susu, roti, biskuit, jus, dan lain-lain.

Struk Pembelian
Struk Pembelian

Sekian tips ala anak kosan dari saya yang baru jadi anak kosan sejak tanggal 15 Agustus 2016, belum cukup berpengalaman memang untuk membagi tips, tapi boleh lah ya untuk dicoba tips diatas, semoga bermanfaat. Insya Allah sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Part of Caturekamandala PK 41-LPDP.

Aceh Besar, Indonesia. A Future Educator, Insya Allah

This Is The Newest Post

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon