Sep 12, 2011

Kepribadian Fleksibel dan Kepribadian Bunglon

Cerita inspirasi ini saya peroleh dari sebuah website yang kini sudah tidak aktif lagi. Sudah lama sekali, sekitar 9 tahun yang lalu, saya copy paste ke file word sehingga dapat saya baca berulang sebagai pengingat diri sendiri, agar tidak memiliki kepribadian yang buruk serta merugikan orang lain. Terima kasih kepada empunya tulisan. Kemudian saya memutuskan untuk menceritakan kembali dengan versi saya dan agak berbeda  dengan yang diposting di website tersebut, namun memiliki maksud dan tujuan yang sama. Check it out guys!
Kepribadian Fleksibel dan Kepribadian Bunglon
Sumber: Pixabay
Kata fleksibel sering disalah artikan dengan makna berubah-ubah dan tidak sesuai dengan pendirian. Tapi sebenarnya hal itu salah besar kok. Kalau kepribadian fleksibel itu suatu kepribadian yang bisa menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan, waktu dan tempat. Tapi kita sering kali salah mengartikan kepribadian fleksibel ini sebagai kepribadian bunglon. Kenapa disebut kepribadian bunglon ?? Jawabnya karena bunglon bisa berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak sepenggal cerita berikut. “Ada seorang pengusaha bernama Pak X yang mendapatkan banyak sekali masalah di kantornya. Saat sampai di rumah beliau di sambut oleh keluarganya. Saat masih di mobil Pak X tadi diajak mainan mobil-mobilan dengan anaknya. Dan di dalam mobil tadi Pak X dan anaknya main mobil-mobilan.”Ngeng….ngeng….ngeng” kata pak X untuk menghibur anaknya. Setelah itu pak X turun dari mobil dan bersalaman dengan istrinya dan menciumnya. Sesampainya di rumah di meja makan ada mertua dari Pak X dan pak X tadi menyalaminya dan memberikan hormat kepada mertuanya tadi”.

Dalam cerita tersebut sosok Pak X memiliki 3 kepribadian yaitu Pak X yang bersifat kekanak-kanakan, Pak X yang bersifat menjadi seorang suami dan Pak X yang bersifat menghargai dan menghormati orang tua. Inilah yang saya maksud dengan Pribadi yang fleksibel dan memang diperlukan dalam hidup kita sehari-hari khususnya untuk kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Tapi kebanyakan orang mengira dan tidak mau memiliki kepribadian fleksibel yang mereka kira dan pikir kepribadian fleksibel itu menghancurkan prinsip mereka dan plin plan dalam hidup. Itu salah besar. Mungkin kepribadian yang anda maksud plin plan itu adalah kepribadian bunglon. Kepribadian fleksibel adalah suatu kepribadian yang berubah karena dituntut keadaan tanpa harus merubah prinsip hidup anda. Sedangkan Kepribadian Bunglon adalah suatu kepribadian Plin plan dan tidak sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran dan pribadi anda masing.

Kita review saja kisah berikut. Suatu ketika ada karyawan yang menjelek-jelekkan atasannya saat atasannya belom datang. Tapi saat atasannya lewat di depannya ia berkata “Pak belum pernah ada atasan yang sebaik bapak di kantor ini, atasan di kantor ini dari saya kerja sampai sekarang adalah bapak”. Nah itulah yang namanya kepribadian bunglon yang acap kali antara mulut dan hati tidak sama. Sekarang terserah anda mau memiliki kepribadian yang Fleksibel atau Kepribadian Bunglon ??? Nah gimana guys, sudah tahu kan perbedaan dari kepribadian fleksibel dan kepribadian bunglon? Yuk terus perbaiki diri, agar hal yang baik-baik datang menghampiri kita.

Masya Allah Tabarakallah, Pray and Fight for your Dreams

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon