Nov 22, 2011

Menyimpan dan Mengolah Kentang

Menyimpan Kentang

Menyimpan kentang dengan baik memang susah-susah gampang, jika tidak disimpan dengan baik akan menyebabkan kentang busuk, kulitnya berkeriput, dan terdapat bercak-bercak kehijauan. Untuk menghindari bercak-bercak hijau, jangan biarkan kentang tersimpan di tempat yang terang dan terkena sinar. Sebaiknya kentang disimpan di tempat yang gelap dan sejuk. Dengan demikian kentang dapat lebih tahan lama. 
Bercak-bercak berwarna kehijauan berasal dari solanin, yaitu sejenis senyawa alkaloid yang bersifat racun. Jika dikonsumsi terlalu banyak menyebabkan sakit perut, diare, dan sakit kepala. Sebaiknya lapisan kehijauan pada kentang dibuang pada saat mengupas.
Menyimpan dan Mengolah Kentang
Sumber: Pixabay


Mengolah Kentang

Sebelum mengolah kentang, sebaiknya kentang dicuci di bawah air yang mengalir agar kentang bebas dari kotoran yang melekat pada kentang. Kulit kentang di kupas setipis mungkin, dan di potong sesuai dengan jenis makanan apa yang akan di buat. Jangan merendam kentang dalam air rebusannya, buanglah air rebusan setelah dimasak.

1. Membuat Perkedel dan Kroket

Kentang dapat dipotong memanjang dengan ukuran 6 x 6 cm, di goreng sampai matang, kemudian di haluskan dengan menambahkan kocokan telur, bawang putih, garam, dan merica. 

2. Membuat Keripik

Kentang dapat dipotong tipis-tipis sesuai dengan arah panjang kentang, lalu di rendam dalam air kapur sirih, kemudian di tiriskan. Selanjutnya di kukus sampai setengah matang dan dijemur pada wadah datar tanpa bertumpukan.


3. Membuat Semur

Kentang dapat dipotong menjadi 4 bagian kemudian direndam dalam air, ditiriskan, kemudian digoreng sampai matang agar kentang tak mudah hancur saat di olah.

4. Membuat Sup

Dipotong kentang sebesar dadu dengan ukuran 3 x 3 cm, direndam dalam air, ditiriskan. Kemudian dimasukkan dalam panci air yang mendidih setelah wortel dan buncis.

Part of Caturekamandala PK 41-LPDP.

Aceh Besar, Indonesia. A Future Educator, Insya Allah

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon