Feb 7, 2012

Pentingnya Mengenal Allah

Lapangnya hidup X Sempitnya hidup

Seseorang yang mengenal Allah akan merasakan kehidupan yang lapang walau bagaimanapun keadaannya. Karena ia sadar bahwa Allah akan selalu bersamanya. Baik susah maupun senang, sakit, dan lain-lain. Jika ia seorang yang miskin, ia akan sabar dengan segala kekurangan harta dan berbagai keterbatasan yang dimilikinya, serta ia akan sadar bahwa dibalik kehidupan yang fana ini ada kehidupan yang abadi, yang berupa sumber segala kenikmatan, yaitu kehidupan akhirat. Seandainya ia adalah seorang yang kaya, ia akan bersyukur dan tidak akan sombong maupun pamer terhadap apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Sebab ia sadar bahwa apa yang ia miliki hanyalah titipan dari Allah SWT dan di dalamnya terdapat hak orang yang membutuhkan. Bahkan ia sama sekali tidak merasa bahwa dirinya kaya, bagi dirinya hanyalah Allah yang Maha Kaya, Maha Pemberi Rezeki.
Pentingnya Mengenal Allah
Sumber: Pixabay


Kehidupan yang indah ini terangkum dalam hadist Rasulullah SAW, “Amat mengherankan terhadap urusan orang mukmin, seandainya baik hal itu tidak terdapat kecuali pada orang mukmin, apabila ia ditimpa musibah ia bersabar dan bila diberi nikmat ia bersyukur”. (H.R Muslim). Dari hadist ini dapat kita ketahui bahwa hanya muslim sejati yaitu orang-orang mukmin yang bila mendapat musibah ataupun cobaan sebesar apapun ia tetap bersabar dan berserah diri kepada Allah SWT. Dan jika ia memperoleh kenikmatan, baik rezeki yang berlimpah, kesehatan badan dan pikiran, keturunan yang baik, ia tidak melupakan atas apa yang telah dilimpahkan Allah kepadanya, ia akan senantiasa bersyukur dan tetap tidak lupa beribadah. Bukan seperti kisah Tsa’labah pada masa Rasulullah. Ia hanya beribadah dan sangat ta’at ketika ia miskin dan dalam keadaan berkekurangan. Namun ketika ia memperoleh segalanya yaitu rezeki yang berlimpah, ia melupakan segala ibadahnya, bahkan nyaris tidak ingat lagi akan Allah karena terlalu sibuk mengurus harta-hartanya. 

Lain halnya dengan orang-orang yang tidak mengenal Allah, ia akan merasakan kehidupan di dunia yang fana ini sangat sempit bagaimanapun keadaannya. Ia akan menyalahkan Allah karena memberinya takdir dan ketentuan yang demikian, yang tidak sesuai dengan keinginanya. Allah SWT berfirman dalam Q.S Thahaa : 124, “Dan barangsiapa berpaling dari peringatanKu, maka baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. Oleh karena itu, jangan sekali-kali kita berpaling dari peringatan Allah, begitu banyak peringatan yang telah diberikan Allah di muka bumi ini. Saling menghormati, saling mengingatkan, dan saling menghargailah kita sesama muslim. Agar kita menjadi orang yang bertakwa dan tidak dihimpun pada hari kiamat dalam keadaan buta, amin...

Part of Caturekamandala PK 41-LPDP.

Aceh Besar, Indonesia. A Future Educator, Insya Allah

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon