Sep 15, 2011

Teori Sel Mengenai Kehidupan

Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Robert Hooke mengamati penampang melintang sayatan tipis gabus dari batang tumbuhan di bawah mikroskop. Hooke melihat rongga kosong segi enam yang mirip dengan kamar atau ruang, sehingga Hooke menamakannya sel (cellula = kamar). Kemudian pada tahun 1838, dua ahli biologi dari Jerman, Mathias J.Schleiden dan Theodor Schwann membuktikan bahwa sel hidup bukan merupakan kamar atau ruang yang kosong, melainkan berisi cairan sitoplasma yang mendukung segala aktivitas dasar makhluk hidup. Kemudian kedua ahli biologi tersebut membangun suatu teori sel. Teori tersebut menyatakan bahwa semua makhluk hidup tersusun dari sel.
Teori Sel Mengenai Kehidupan
Sel Bakteri Lofotrik. Sumber: Pixabay

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup. Sel sebagai unit struktural terkecil mengandung makna bahwa sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh makhluk hidup. Setiap bagian sel terdiri atas beberapa bagian, yaitu : membran plasma, inti sel (nukleus), sitoplasma, dan organel sel. Pada makhluk hidup multiseluler (makhluk hidup yang dibangun lebih dari satu sel), sel-sel yang serupa berkumpul dan menjalankan satu fungsi yang sama membentuk jaringan. Jaringan-jaringan yang berbeda menyusun suatu organ yang memiliki fungsi tertentu. Organ-organ yang berbeda bekerjasama membentuk suatu sistem organ.

Sel sebagai unit fungsional terkecil bermakna bahwa sel atau sel-sel penyusun tubuh makhluk hidup melakukan suatu fungsi atau kegiatan proses hidup. Fungsi yang dilakukan oleh sel adalah respirasi, ekskresi, transportasi, sintesis, reproduksi, sekresi, dan respon (tanggapan) terhadap rangsangan. Sel juga merupakan unit hereditas atau pewaris, yang menurunkan sifat genetis dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Part of Caturekamandala PK 41-LPDP.

Aceh Besar, Indonesia. A Future Educator, Insya Allah

Peraturan Berkomentar

- Diharapkan menggunakan kata-kata yang santun, baik, dan sopan.
- Berkomentarlah sesuai dengan topik (relevan).
- Dilarang keras komentar yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan, dan pelecehan.
- Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Terima kasih.
P.s. Silahkan klik pada tombol Emoticon jika ingin memasukkan emoticon.
EmoticonEmoticon